Memasuki awal bulan Mei 2019 ini, BPPKAD Kota Probolinggo (Bidang Perbendaharaan dan Kas Daerah) menyelenggarakan Bimbingan Teknis SIMGAJI berbasis online dan Pemutakhiran Database Gaji PNS/Pejabat Negara/Anggota DPRD Kota Probolinggo. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Aria Gajayana Malang selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 2 dan 3 Mei 2019, dengan jumlah peserta  54 orang yang terdiri dari Pembuat Daftar Gaji dan Operator SIMGAJI dari seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Dalam laporannya Kepala BPPKAD Kota Probolinggo Ir. Imanto, MM menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan kapasitas SDM Pembuat Daftar Gaji diseluruh OPD, sehingga benar-benar memahami mekanisme penggajian ASN/Pejabat Negara/Anggota DPRD mulai dari penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan. Dengan aplikasi SIMGAJI berbasis online diharapkan juga akan meningkatkan akurasi dan validitas data serta pengelolaan gaji yang nantinya akan berdampak positif dalam penyusunan Laporan Keuangan Daerah.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, S.Pd, MM, M.HP. Dalam sambutannya, Walikota Probolinggo menyampaikan agar sebagai abdi negara, seorang ASN haruslah selalu bersikap netral, tidak menjalankan politik praktis dan selalu memberikan tauladan yang baik ditengah-tengah masyarakat, tidak mudah terprovokasi dan bisa lebih bijak menyikapi kabar-kabar hoax yang saat ini sering beredar di masyarakat. Sehingga seorang ASN hanyalah fokus kepada pelayanan dan memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat Kota Probolinggo. Walikota Probolinggo juga berharap agar para peserta Bimbingan Teknis sungguh-sungguh dalam mempelajari materi sehingga hasilnya akan sangat optimal untuk meningkatkan profesionalisme bagi seorang pembuat daftar gaji OPD.

Pembukaan acara Bimtek ini dihadiri oleh seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, Kepala PT. TASPEN (Persero) Cabang Malang, serta Manajemen PT. Taspen Life dan Bank Mandiri TASPEN. Pada acara ini juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Pemerintah Kota Probolinggo dengan PT. TASPEN Life, serta penyerahan secara simbolis Pensiunan Pertama sebagai Pejabat Negara Walikota Probolinggo sebagai anggota DPR-RI Periode 2014-2019. (HS)

Sumber : Bidang Perbendaharaan dan Kas Daerah